Wednesday, September 20, 2006

Apel, Buah Ajaib

Oleh Abdullah Ubaid Matraji


Pernahkah anda makan buah apel? Bagaimana rasanya, enak bukan? Ghalibnya orang doyan buah ini karena lezat dan legit, serta terasa nyes.. nyes.. kalau digigit. Namun, jarang yang tahu apakah keistimewaan dibalik buah itu.

Tidak sekadar enak dimakan. Kasiat apel tak kalah dengan yang lain. Zat yang terkandung di dalamnya mampu melarutkan garam dan air yang berlebihan di dalam tubuh. Karena itu, apel sangat cocok mengobati tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Sari buah apel juga mengandung kalsium yang menjaga kesehatan tulang, membantu mengalirkan gerak syaraf, mengatur kontraksi otot, dan berperan aktif sebagai agen anti kanker.

Dibanding yang lain, buah ini telah menjadi saksi sejarah sejak zaman bahala. Konon, buah ini menyebabkan Nabi Adam dan Siti Hawa terusir dari surga. Dalam al-Qur’an diistilahkan dengan syajarah al-khuld, buah khuldi, buah keabadian. Kamus-kamus Arab mengistilahkan, buah yang dimaksud adalah tuffâhah, buah apel. Tuffâhah âdam artinya jakun atau kalamenjing.

Bahkan, ada riwayat yang unik. Alkisah, malaikat Jibril bercerita kepada Rasulullah saw. Pada mulanya, Nabi Adam diciptakan Allah dari tanah, lalu ditiupkan ruh kepadanya. Selepas itu, Allah memerintah Jibril untuk mengambil buah apel, kemudian memeras saripatinya dalam mulut Adam.

Nah, “Tetesan yang pertama itu adalah engkau wahai Muhammad,” kata malaikat pembawa wahyu itu. Dan.. tetes kedua sampai kelima secara berurutan adalah Abu Bakar, Umar, Ustman, dan Ali. Kemudian, Allah berfirman, “Lima orang itulah yang aku anggap mulia dibanding yang lain.” Begitulah riwayat dari Anas bin Malik dalam kitab al-Riyad al-Nadlrah, ibadah untuk kebugaran spiritual.

Sepanjang zaman, apel begitu dekat dan terus memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia. Misalnya, gara-gara melihat apel jatuh dari pohon, seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia dari Inggris, Sir Isaac Newton menemukan ‘teori gravitasi’.

Ada juga, Steve Jobs, seorang publik figur dalam bidang komputer dan industri entertainment dari California. Ia memilih buah apel sebagai sebuah merek komputer, yang hingga kini masyhur di dunia. Dan sekitar tahun 80-an, penyanyi asal Malaysia Anita Sarawak pernah sukses mempopulerkan lagu Tragedi Buah Apel di Indonesia.
Apel memang buah ajaib. [AUM]

Syir'ah/57/September/2006

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger by Pemuda - Premium Blogger Themes